Senin, 08 Januari 2018

Cara Cek IMEI di Android dan Fungsinya

ineetmedia.web.id - Halo, malam ini ineet mau membahas tentang Cara Cek IMEI di Android dan Fungsinya. Apakah kamu tau apa itu imei? IMEI atau International Mobile Equipment Identity adalah sebuah kode yang menyimpan berbagai macam data yang berkaitan langsung dengan ponsel yang kamu miliki. IMEI ini biasanya terdiri dari 14 - 16 digit angka.



Setiap kode akan terkunci dan tetap melekat pada ponselnya sehingga tidak ada kaitan sama sekali dengan SIM card. Jika kamu melakukan reset dan mengganti SIM card yang terpasang di ponsel tersebut, maka kodenya tetap sama dan tidak akan berubah.

Kebanyakan pengguna ponsel tidak menganggap penting IMEI, apalagi untuk mencatat atau menyimpannya. Padahal, IMEI memiliki fungsi cukup penting. Yang paling terasa, IMEI berfungsi saat ponsel hilang karena jatuh, lupa tempat menyimpannya, atau dicuri.

IMEI memiliki kode dikenal sebagai type allocation code (TAC) yang dapat menunjukkan pembuat dan model dari ponsel tersebut. Maka dari itu, kamu dapat memanfaatkan IMEI untuk memblokir ponsel kamu jika ponsel tersebut dicuri orang. Caranya dengan melaporkan nomor IMEI yang kamu punya ke gerai resmi penjualan seluler.

Berikut adalah Cara Cek IMEI di Android.

Cara Pertama adalah dengan Dial ke *#06#. Dengan cara ini kamu cukup mengetik kode *#06# di dial telepon kamu.


Cara Kedua adalah melalui Setting. Cara kedua ini sangat mudah dan mungkin kamu sudah pernah mencobanya secara tidak sengaja. Kamu cukup buka Setelan/Setting lalu Tentang/About lalu Status.




Sekarang kamu sudah mengerti apa itu IMEI, Fungsinya, dan Bagaimana cara mengeceknya. Untuk berjaga-jaga dan menghindari hal yang tidak di inginkan, mungkin sekarang kamu bisa mencatat IMEI hp android kamu mulai sekarang.

Sekian artikel dari saya, jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-temanmu. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau sekedar berbagi pengalaman. Terima kasih^^
Comments


EmoticonEmoticon