Kamis, 11 Januari 2018

Cara Membuat Bootable DVD Windows

ineetmedia.web.id - Berjumpa lagi dengan ineet disini, kali ini saya ingin membuat sebuah Bootable DVD Windows baik itu Windows 7, Windows 8, Windows 8.1, sampai Windows 10. Saya tidak akan membahas bagaimana cara menginstall sistem operasi windows di artikel ini, mungkin lain waktu ketika saya sedang luang dan ada subject untuk di gunakan praktek.



Membuat bootable dvd tidaklah sulit, bahkan sangat mudah dan sederhana karena tidak jauh berbeda dengan membuat bootable flashdisk. Banyak sekali program-program gratis yang bertebaran di internet yang menawarkan fitur untuk membuat bootable dvd maupun flashdisk.

Seperti yang saya katakan di atas, sebenarnya kamu bisa membuat bootable dari flashdisk, tetapi metode ini mengharuskan kamu memformat flashdisk dan tidak boleh mengisinya dengan file-file milikmu sebelum flashdisk di format kembali. Tentunya ini agak merepotkan untuk orang-orang yang biasanya menyimpan data pekerjaan nya di flashdisk karena flashdisknya berisi bootbale windows. Untuk itu saya menyarankan kamu menggunakan Bootable DVD. Karena DVD kosong harganya terjangkau dan dapat dengan mudah kita dapatkan, jadi tidak masalah jika kamu ingin membuat banyak bootable dvd.

Sebelumnya, silahkan kamu mendownload file instalasi windows berformat .iso dari website resmi Microsoft atau di tempat lain yang menurut kamu terpercaya. Ingat untuk selalu berhati-hati saat mendowload dari pihak ke 3, pastikan datanya benar dan tidak hasil modifikasi.

Cara Membuat Bootable DVD Windows

Cara Pertama: Langsung melalui Explorer (Windows 8/8.1/10)
Yup, kamu bisa melakukannya melalui File Explorer tanpa program tambahan. Caranya cukup sederhana, silahkan kamu ikuti step-step berikut:

1. Masukan DVD Kosong ke Drive.
2. Buka File Explorer dan cari dimana kamu menaruh File Instalasi Windows yang tadi kamu download.
3. Lalu klik kanan file instalasi tersebut dan pilih "Burn Disc Image"

4. Lalu pilih DVD yang sudah kamu masukan tadi.

5. Lalu tekan Burn dan tunggu prosesnya hingga selesai.

Cara Kedua: Menggunakan Program ImgBurn
Jika kamu masih menggunakan windows 7, cara pertama tadi mungkin tidak bisa kamu lakukan dan alternatifnya adalah kamu bisa menggunakan program seperti ImgBurn. ImgBurn merupakan program gratis yang bisa kamu download melalui website nya disini. Dan berikut cara install ImgBurn dan cara menggunakannya untuk membuat bootable DVD.

1. Silahkan kamu download file installer nya.
2. Lalu pilih "Custom Install" dan "UNCHECK/JANGAN CENTANG INSTALL RAZOR WEB"

3. Buka Program ImgBurn dan pilih Write image file to disc.

4. Lalu pilih file installasi windows.iso yang sudah kamu download.

5. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Baiklah, apakah kamu sudah mengerti bagaimana cara membuat bootable DVD Windows? jika kamu masih ragu, kamu bisa menanyakannya melalui kolom komentar dibawah atau langsung saja mengirim pesan melalui facebook ineet.

Oh iya, sebenarnya tidak harus menggunakan ImgBurn, kamu bisa menggunakan Ashampoo, Nero, dan masih banyak lagi aplikasi burner yang bisa kamu temukan di google. Silahkan kamu berpetualang dan mencobanya sendiri.

Sekian artikel dari saya, jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-temanmu. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau sekedar berbagi pengalaman. Terima kasih^^
Comments


EmoticonEmoticon