Jumat, 19 Januari 2018

Cara Update Driver Windows dengan Cepat dan Aman

ineetmedia.web.id - Semenjak rilisnya Windows 10, mulai bermunculan grup-grup facebook tentang windows 10. Disitu para membernya berbagi tutorial, tips dan trik tentang Windows 10. Salah satu yang paling ramai dibicarakan adalah masalah Driver. Berikut ineet bahas Cara Update Driver Windows dengan Cepat dan Aman.



Apa itu Driver?
Driver adalah sebuah software yang bisa menghubungkan antara hardware dengan komputer. Driver digunakan oleh sistem operasi untuk berkomunikasi dengan hardware dari driver itu. Hardware yang terhubung dengan komputer kamu seringkali dibilang khusus karena itu Windows tidak dapat terhubung secara langsung tanpa adanya driver, misalkan saja scanner atau printer. Driver bertindak sebagai penerjemah antara sistem operasi dan hardware yang digunakan di komputer tersebut.

Pentingkah Mengupdate Driver?
Bisa dibilang menupdate driver itu perlu dilakukan namun ada kalanya juga tidak perlu dilakukan. Secara default Windows sudah menyertakan driver-driver yang penting yang terhubung dengan komputer kamu. Contohnya saja seperti driver mouse, keyboard, monitor, dsb. Sayangnya ada beberapa driver di Windows yang tidak mendukung fitur advance ketika kamu menggunakan hardware baru. Karena itu kamu harus mendownload atau menginstall driver itu sendiri, yang tentu harus cocok dengan hardware yang kamu gunakan. Biasanya ketika kamu membeli hardware tersebut, driver telah disertakan dengan bentuk berupa CD atau DVD.

Kadang-kadang perusahaan hardware juga merilis versi terbaru untuk driver dan memperbaiki bug yang ada, meningkatkan kinerja, meningkatkan kestabilan komputer, atau menambahkan beberapa fitur baru. Ketika driver ini sudah dirilis dan direkomendasikan untuk kamu, itulah saatnya kamu mengupdate driver kamu.

Lalu bagaimana driver tidak perlu diupdate? Ketika kamu menemukan versi installasi driver yang tidak stabil atau masih dalam proses alpa atau beta. Atau perusahaan hardware untuk driver yang ingin kamu update belum memberikan rekomendasi untuk update.

Bagaimana Cara Mengupdate Driver Dengan Cepat dan Aman?
Kamu dapat mengupdate Driver dengan Cepat dan Aman melalui 2 cara.

Pertama, Jika kamu adalah Pengguna Windows 8, 8.1 dan 10, kamu bisa melakukannya melalui Windows Update karena tidak selalu windows update itu membawa pembaruan fitur tetapi juga utilitas dan perbaikan performa melalui Driver. Kalau kamu merasa driver dari Windows Update kurang lengkap, kamu bisa mencoba metode kedua dibawah ini.

Kedua, Jika kamu adalah Pengguna Windows 7, kamu bisa menggunakan software pihak ke-3 terpercaya seperti iObit Driver Booster. Kamu bisa mendownloadnya gratis melalui website resminya. Download disini.

Berikut tampilan dari iObit Driver Booster

Saya sendiri lebih menyarankanmu untuk menggunakan iObit Driver Booster karena lebih lengkap dan servernya cepat. Terdapat juga fitur untuk backup dan restore data, jadi ketika ada hal yang tidak di inginkan terjadi, kita dapat melakukan restore untuk mengatasi kesalahan driver.

Sekian artikel dari saya, jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-temanmu. Jangan lupa tinggalkan komentar jika ada pertanyaan atau sekedar berbagi pengalaman. Terima kasih^^
Comments


EmoticonEmoticon