Rabu, 03 Januari 2018

Apa itu Google Local Guides dan Cara Daftarnya

img source: gatetoadventures.com

ineetmedia.web.id - Ketika anda ingin mengunjungi suatu tempat baru, pastilah anda mencari-cari jalan atau rekomendasi jalur yang paling cepat dan aman. Di zaman modern seperti sekarang, kita sangatlah mudah jika ingin mencari jalur atau jalan untuk mencapai tempat tujuan kita. Kita tinggal membuka google maps dan tentukan kemana kita ingin pergi lalu secara otomatis google akan mencari jalur tercepat yang dapat kita tempuh.

Tetapi, kadang kita bertanya-tanya "Apakah jalur ini memang benar-benar tepat?" atau "Apakah jalur ini benar-benar aman?". Untuk itu kita harus selalu berhati-hati dan memperhatikan rambu-rambu yang ada di jalan.

Data di Google Maps tidak sepenuhnya akurat, terkadang kita tersasar ke jalan sempit, atau malah kebablasan ke jalan 1 lajur. Selain itu, kadang kita juga penasaran seperti apa sih tempat yang ingin ktia kunjungi, dan bagaimana menurut orang-orang yang telah berkunjung kesana.

Untuk itu Google memberikan sebuah fitur terbaru yaitu Google Local Guides. Kamu dapat berkontribusi untuk memberikan keterangan lebih lanjut dan membantu para pengguna google maps lainnya. Selain itu, Google Local Guides juga memberikan bonus-bonus berdasarkan poin yang kita dapat ketika menjadi Local Guides. Poin dapat kita dapatkan dari memberikan ulasan, mengirimkan foto, membenarkan data yang salah, menambahkan tempat, edit foto, dan banyak lainnya.

Apa Manfaat dari Menjadi Google Local Guides?
Selain dapat membantu orang lain untuk menemukan atau mengetahui tempat-tempat terbaik yang ada di daerah anda lewat google maps

Dalam google local guides Setiap kali anda memberikan review atau mengedit dan menambah keterangan pada tempat-tempat tertentu yang ada di google maps maka anda akan diberikan beberapa point.

Point ini nantinya akan dipergunakan untuk mempertinggi level anda ke tingkat yang lebih tinggi, semakin tinggi level google pemandu lokal  anda maka semakin besar pula manfaat yang akan diterima karena semakin tinggi level hadiah juga semakin banyak.

Berikut adalah sistem level atau tingkatan yang ada pada Google Local Guides beserta manfaatnya:

Tingkat 1 (0 point)
  • Mendapat informasi ekslusif melalui buletin Google.
  • Berpartisipasi dalam lokakarya dan Hangouts yang diselenggarakan oleh Google.
  • Di negara tertentu kamu dapat mengikuti kontes ekslusif yang diadakan Local Guide.
  • Bergabung dalam percakapan Local Guides Connect.
Tingkat 2 (15 point)
  • Mendapatkan akses awal ke produk dan fitur baru Google.
  • Mempromosikan pertemuan yang kamu selenggarakan sendiri di kalender Local Guides.
Tingkat 3 (75 point)
  • Membuat semua orang melirikmu di Google Maps dengan Lencana Local Guides atau Badge Local Guides.
  • Berpeluang untuk memenuhi syarat untuk menerima promosi.
Tingkat 4 (250 point)
  • Menerima penyimpanan Google Drive gratis selama satu tahun.
  • Berpeluang memenuhi syarat untuk ditampilkan di saluran resmi seperti: Facebook, Google+, Twitter, dan lainnya.
Tingkat 5 (500 point)
  • Mendaftarkan diri untuk menghadiri konferensi tingkat tinggi local guides level 5.
  • Berhak dan berkesempatan mengakses produk dan fitur terbaru Google sebelum diluncurkan ke publik.
Tingkat 6 ( 1.500 point)
  • Manfaat eksklusif.
Tingkat 7 ( 5000 point)

Tingkat 8 ( 15.000point)

Tingkat 9 ( 50.000point)

Tingkat 10 ( 100.000 point)

Banyak kan manfaat yang bisa kita dapat dari menjadi Google Local Guides, Saya sendiri sudah menjadi Google Local Guides dan sampai ke tingkat 6 hehehe. Tidak hanya disitu, saya juga pernah mendapatkan sebuah kode promo untuk diskon sekira 50% yang dapat di gunakan di beberapa online shop yang ada di Indonesia, tetapi maaf, saya tidak dapat menemukan emailnya, karena sudah tertimbun puluhan email dari facebook dan website lain.

Cara Menjadi Google Local Guides

  • Pertama, kamu harus memiliki akun Google+ yang valid.
  • Kedua, kamu harus berusia minimal 18 tahun.
  • Ketiga, lakukan pendaftaran melalui Google Maps.
  • Keempat, mengikuti dan mensetujui syarat dan aturan dari Google Local Guides.

Cara Mendaftar Google Local Guides dengan Gambar

( Buka Google Maps lalu ke Kontribusi Anda )

( Klik Kontribusi )

( Tekan Gabung dengan Local Guides )

( Tekan Berikutnya )

( Tekan Gabung Sekarang )

( Isikan alamat kotamu, dan centang Saya Setuju )

( Selamat Anda Telah Menjadi Google Local Guides )

Google Local Guides Tidak hanya Membantu Para Turis atau Pelancong yang ingin mengetahui daerah anda. Tetapi dengan menjadi Google Local Guides anda dapat menambahkan informasi penting kedalam maps. Informasi Seperti apakah ada fasilitas khusus bagi orang yang menggunakan kursi roda. Setiap Informasi yang anda tambahkan pastinya akan sangat membantu orang lain yang membutuhkan

Menjadi Google Local Guides bukanlah mencari pengakuan atau bonus, mari bersama menjadi Local Guides dengan tujuan menjadi Google Maps lebih baik dan akurat. Jika kalian tertarik, mari bersama berkontribusi untuk membantu sesama agar kita semua dapat mendapatkan manfaat dari hadirnya teknologi Google Maps.

Sekian artikel tentang Google Local Guides, jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan ke teman-teman kamu dan jangan lupa tinggalkan komentar^^
Comments


EmoticonEmoticon