Cara Memutar Video Youtube Secara Picture-in-Picture di PC

Cara Memutar Video Youtube Secara Picture-in-Picture di PC

 


www.ineetmedia.web.id - Picture-in-Picture mode merupakan fitur yang memungkinkan kita memutar video secara 'melayang' diatas aplikasi lainnya, fitur ini sudah lama diluncurkan oleh Google di perangkat Android mereka. Tapi tahukah kalian, ternyata fitur ini juga dapat kita gunakan pada browser Google Chrome yang ada pada PC kita lho! Mau tau gimana caranya? Simak artikel ini sampai selesai.

Teman-teman mungkin pernah merasakan kejenuhan ketika harus menyelesaikan tugas di depan komputar dengan waktu yang lama. Sesekali kita juga butuh sebuah hiburan yang kadang tidak cukup hanya dengan musik yang kita nyalakan untuk-sesekali berkaraoke ketika jenuh mengerjakan tugas. Nah, fitur Picture-in-Picture (PiP) ini merupakan salah satu solusi untuk memecahkan kejenuhan kita saat bekerja.

Dengan adanya fitur ini, kita dapat memutar video dari youtube 'melayang' di atas pekerjaan yang sedang kita selesaikan, berikut salah satu screenshotnya.


Sedang menonton video dari Kisah Tanah Jawa sembari mengerjakan tugas di Excel.

Tampilan youtube ketika fitur PiP digunakan


Menurut Shiroi, selain bermanfaat sebagai hiburan, fitur ini juga dapat membuat kerja kita lebih efisien karena tidak perlu beralih ke browser untuk menonton Youtube (khususnya yang masih menggunakan satu layar seperti saya, hehe). Fitur ini dapat berjalan lancar dengan pc dengan RAM 4GB yang saya miliki, jadi jika ram kalian dibawah itu, silahkan coba saja ya.


Cara Mengaktifkan Fitur Picture-in-Picture di Browser Chrome

  1. Saya rekomendasikan untuk memperbaharui terlebih dahulu versi Chrome yang kalian gunakan untuk meminimalisir bug atau hal yang tidak diinginkan.
  2. Download plugin Picture-in-Picture Extension by Google melalui Chrome Web Store.
  3. Tunggu hingga muncul persetujuan pemasangan extension, lalu klik ok.
  4. Restart browser chrome.
  5. Buka Youtube dan coba putar video yang kalian inginkan.
  6. Gunakan shortcut ALT+P untuk memutar video secara PiP.
  7. Selesai.

Plugin ini mendukung streaming video player yang menggunakan Engine Youtube dan JWPlayer.


Mudah sekali bukan? Selanjutnya teman-teman bisa menikmati menonton video sambil mengerjakan tugas sekolah, kuliah, atau kantor sembari menonton video yang kini dapat ditonton di pojokan layar atau dimanapun kalian menempatkannya.

Apakah fitur ini ada kelemahannya? menurut saya kelemahan yang paling terasa adalah tidak adanya time-bar atau garis waktu yang ada di video, sehingga kita harus membuka browser lagi untuk memaju atau memundurkan waktu video. Selebihnya, fitur ini sangat ringan di pc yang saya gunakan dan ringan.

Oke, sekian artikel dari Shiroi. Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi teman-teman yang sedang banyak tugas dan jenuh dengan keadaan yang menjenuhkan pula wkwkwk. Bagikan jika artikel ini menarik dan membantu kalian! Semangat!