Mengenal MicroG - Aplikasi Pengganti Google Play Service

Mengenal MicroG - Aplikasi Pengganti Google Play Service

 

www.ineetmedia.web.id - Android adalah sistem operasi paling populer saat ini karena banyaknya pengguna yang menggunakan smartphone berbasis android. Sebagai sistem yang memiliki lisensi kode terbuka, android dapat dikembangkan oleh siapa saja dan dengan tujuan apa saja.

Salah satu proyek yang banyak dimanfaatkan oleh orang-orang adalah microG (atau disebut juga MicroG) adalah implementasi gratis dan sumber terbuka dari pustaka Google yang berfungsi sebagai pengganti Layanan Google Play (GMS) di sistem operasi Android.

Fitur dari MicroG

MicroG memungkinkan aplikasi Android mengakses antarmuka pemrograman aplikasi replika (API) yang disediakan oleh Layanan Google Play, termasuk API yang terkait dengan Google Play, Google Maps, dan fitur geolokasi dan perpesanan Google. Tidak seperti Layanan Google Play, MicroG tidak melacak aktivitas pengguna di perangkat, dan pengguna dapat secara selektif mengaktifkan dan menonaktifkan fitur API tertentu.

Kelebihan MicroG

MicroG merupakan alternatif yang lebih ringan daripada Google Play Service, tetapi tidak semua user dapat memanfaatkannya karena dibutuhkan akses root untuk melakukan instalasi secara total ke sistem. Impelementasi yang paling sederhana dari MicroG adalah untuk dimanfaatkan sebagai jalan masuk ke YouTube Vanced, karena kita tidak bisa mengaksesnya menggunakan Google Play Service yang biasa.